JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Cara Mudah Kuasai Tenses Sambil Berjoget (Part 3)

CARA MUDAH KUASAI TENSES SAMBIL BERJOGET Part 3

 

[ Cara Mudah Kuasai Tenses Sambil Berjoget : Part 1 I Part 2 I Part 3-end

 

Tahapan dalam menguasai 12 Tenses melalui metode Quick Tenses Mastery (QTM), yaitu pada buku Cara Cepat Kuasai 12 Tenses Bahasa Inggris, terbagi menjadi 5 tahapan. Tahapan-tahapan tersebut meliputi :

 

  1. Mengingat nama-nama Tenses
  2. Mengingat kata bantu dari masing-masing sub-Tenses
  3. Mengingat rumus dari masing-masing sub-Tenses
  4. Mengingat dengan menggunakan gerakan untuk masing-masing sub-tenses
  5. Membuat kalimat untuk masing-masing sub-Tenses

 

Pada tulisan saya sebelumnya, telah dibahas mengenai tahapan yang pertama, yakni tahapan mengingat nama-nama Tenses. Berikutnya, saya pun akan membahas tentang tahapan yang kedua, yakni mengingat kata bantu untuk masing-masing Tenses.

 

Para pembelajar bahasa Inggris sering sekali mengalami kesulitan dalam menggunakan kata bantu Tenses. Hal ini sangat wajar karena di dalam bahasa Indonesia kita tidak mengenal kata bantu. Nah, yang dimaksud dengan kata bantu adalah kata yang menyertai Subjek kalimat, misalnya kata bantu dalam Present Continuous untuk I adalah ‘am’ sedangkan untuk Simple Present untuk I berubah menjadi ‘Do’, dan seterusnya.

 

Tantangan lainnya adalah kata bantu untuk masing-masing Tenses itu berbeda satu dengan yang lain sehingga selain perlu diingat juga perlu dilatih pengucapannya. Hal ini dilakukan agar seseorang dapat menjadi terbiasa saat menggunakannya pada percakapan.

 

Lain halnya pada tahapan kelima, pada tahapan ini ditekankan tentang pentingnya membuat kalimat dari masing-masing Tense, tujuannya adalah agar Tenses tidak hanya sekedar dihapalkan saja, namun yang terpenting adalah untuk digunakan dalam kalimat percakapan.

 

Nah, untuk mengingat cepat kata bantu tenses, maka kita akan menggunakan teknik yang berbeda dengan teknik-teknik yang telah dibahas sebelumnya. Kita akan gunakan teknik yang dinamakan dengan teknik ‘plesetan’, yakni mencari simbolisasi kata yang ‘mirip’ dengan bunyi aslinya. Teknik ini sangat ampuh dan bisa meningkatkan ingatan meski suatu ingatan tersebut sulit untuk diingat. Selain itu, teknik ini sangat hemat dan tidak sulit, mengapa? karena kita hanya mencari sumber kemiripan yang telah ada di dalam memori otak kita dan hanya menambahkan sedikit kreativitas agar lebih mudah diingat dan disimpan dengan baik.

 

Baik, kita langsung saja praktekkan. Pada tahapan ini, kita masih membahas kelompok Tenses untuk keluarga Present. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, keluarga Present memiliki empat sub tenses yakni ; Simple Present, Present Continuous, Present Perfect dan Present Perfect Continuous. Simple Present kata bantunya adalah:

 

3 CARA MUDAH KUASAI TENSES SAMBIL BERJOGET Part 3

Kata bantu yang di gunakan untuk masing-masing tenses dapat di simbolisasikan sebagai berikut:

 

part 2Cara Mudah Kuasai Tenses Sambil Berjoget Part 2 box2 

Sama halnya dengan tahapan pertama, di tahapan kedua ini, yang diletakkan di masing-masing angka adalah kata bantu dari masing-masing Tenses. Anda pun diminta untuk berdiri untuk melakukan proses yang sama seperti pada tahapan pertama, yakni berdiri di tengah kotak pada lingkaran “PRESENT”, seperti yang terdapat pada contoh gambar di atas. Kemudian melangkah ke angka 1 sambil anda ucapkan kata bantu tenses yang terdapat pada angka 1 tersebut dengan suara yang lantang. Selanjutnya, silahkan melangkah ke angka 2 kembali dan sebutkan kata bantunya. Selanjutnya, lakukan hal yang sama pada angka 3 dan juga 4.

 

Lakukan beberapa kali sambil bergerak layaknya berjoget hingga anda hapal. Kemudian, silahkan anda melangkah ke sembarang angka atau diacak sambil menyebutkan nama-nama kata bantu untuk masing-masing sub-tenses. Jika anda berhasil melakukannya, yakni mampu mengingat kata bantu dari masing-masing sub-tenses tersebut, maka anda telah berhasil melakukan tahapan yang kedua.

 

Nah, jika anda ingin mengetahui tahapan ke tiga dan seterusnya, maka teknik ini dibahas secara lengkap di dalam buku saya yakni “Cara Cepat Kuasai 12 Tenses bahasa Inggris” dengan metode Quick Tenses Mastery (QTM). Di dalamnya, telah dilengkapi pula dengan CD Audio dan juga CD Video yaitu untuk memudahkan bagi anda yang tidak senang membaca dan langsung prakatek. Silahkan hubungi kami dan semoga tulisan ini bisa membuka waswasan dan pemahaman anda mengenai metode cara cepat menguasai Tenses bahasa Inggris. 

Semoga tulisan ini bermanfaat, salam Hypnocative !

Adam Hidayat

Read 1597 times Last modified on Wednesday, 30 August 2017 15:57

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.