JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Cara Mudah Kuasai Tenses Sambil Berjoget (Part 2)

Cara Mudah Kuasai Tenses Sambil Berjoget Part 2

 

[ Cara Mudah Kuasai Tenses Sambil Berjoget : Part 1 I Part 2 I Part 3-end

 

Setelah anda mengetahui teknik-teknik dasar cara mengingat cepat pada tulisan saya sebelumnya, maka selanjutnya adalah bagaimana teknik tersebut digunakan untuk menghapal tenses bahasa Inggris. Namun, sebelum saya bahas lebih jauh, masih ada satu teknik yang harus anda kuasai dan pahami dengan baik pula, yakni teknik penjangkaran (simbolisasi).

 

Sejatinya otak manusia selalu melakukan simbolisasi atau mengaitkan sesuatu terhadap apa yang kita lihat, apa yang kita dengar, apa yang kita rasa, apa yang kita sentuh dan cium. Semakin kuat suatu simbolisasi, maka semakin lama simbolisasi tersebut tersimpan dengan baik di dalam memori otak.

 

Misalkan, pernahkah anda mengalami situasi seperti berikut ini :

  • Mencium wangi parfum merek tertentu dan seketika langsung teringat dengan orang yang selalu menggunakannya, yakni apakah anggota keluarga, kerabat, atau teman kantor. Artinya, wangi parfum mengaitkan dengan seseorang.
  • Melihat bendera warna kuning yang terpasang di pinggir jalan kemudian menyimpulkan bahwa ada berita duka cita. Artinya, warna bendera kuning mengaitkan dengan duka cita.
  • Pergi ke tempat ibadah langsung terasa nyaman dan sejuk di hati. Artinya, tempat ibadah mengaitkan dengan suasanan kedamaian hati. 
  • Dan sebagainya.

 

Agar sebuah informasi bisa diingat dengan mudah dan tersimpan baik, maka perlu dibuat ornamen-ornamen penguatnya. Penguatan ini bisa dengan cara menambahkan ornamen-ornamen berupa gambar yang begitu kontras, rasa yang begitu mendalam, sentuhan yang begitu berkesan atau penciuman yang begitu beraroma.

 

Tahapan selanjutnya adalah setelah di buat ornamen penguatnya, maka yang harus dilakukan adalah menyimpannya dengan melakukan pengulangan-pengulangan (drilling). Semakin sebuah ingatan diulang berkali-kali, maka semakin dalam dan sulit untuk dilupakan. Berikut ini adalah contoh simbolisasi (penjangkaran) dari cara menghapal Tenses tahap pertama.

 

Caranya mudah, silahkan anda berdiri, lalu imajinasikan saat ini anda sedang berdiri di tengah-tengah sebuah kotak. Bayangkan pada masing-masing sudut kotak tersebut terdapat angka. Silahkan lihat gambar berikut:

 

 

Cara Mudah Kuasai Tenses Sambil Berjoget Part 2 box

 

 

Selanjutnya, dari titik anda berdiri silahkan anda melangkahlah ke titik 1, lalu ke titik 2, lalu ke titik 3 dan yang terakhir ke titik 4. Gerakan yang benar adalah pada saat anda melangkah ke masing-masing titik akan membentuk simbol seperti huruf “Z”

 

Ulangi beberapa kali hingga anda ingat masing-masing posisi angka tersebut, bahkan ketika diacak sekalipun. Misalkan, jika saya minta anda bergerak ke titik 3, 2 atau 4, maka anda bisa bergerak ke masing-masing titik tersebut. Jangan lupa gunakan suara yang keras (kata-kata) dalam melakukannya. Masih ingat dengan tulisan saya yang pertama tentang dasar-dasar mengingat cepat? Disebutkan bahwa melalui gerakan dan kata-kata, maka sebuah ingatan akan lebih mudah diingat.

 

Selanjutnya, jika anda sudah mampu menjangkar angka-angka di atas, maka sekarang kita akan berlatih menjangkar dengan mengingat nama-nama tenses dari kelompok Present terlebih dahulu. Sub-Tenses yang ada dalam Tenses Present antara lain: Simple Present, Present Continuous, Present Perfect dan Present Perfect Continuous.

 

Silahkan letakkan nama-nama Tenses tersebut seperti gambar di bawah ini dan ikuti perintahnya:

Cara Mudah Kuasai Tenses Sambil Berjoget Part 2 box2

Silahkan anda berdiri di tengah kotak pada lingkaran “PRESENT” seperti yang terdapat pada gambar di atas. Kemudian melangkah ke angka 1 sambil anda ucapkan nama sub-Tenses yang terdapat pada angka 1 tersebut. Selanjutnya , silahkan melangkah ke angka 2 dan lakukan hal yang sama seperti pada angka 1, yakni sebutkan nama sub-tenses tersebut. Selanjutnya, lakukan hal yang sama pada angka 3 dan juga pada angka 4. Ingat! ucapkan dengan suara yang lantang dan tidak di dalam hati. Lakukan beberapa kali sambil berjoget dan hingga anda benar-benar mengingatnya.

 

Untuk memastikan apakah anda sudah benar-benar mengingatnya, maka sekarang lakukan dengan melangkah ke sembarang angka atau diacak. Misalkan, jika anda melangkah ke angka 2 lalu ke angka 4, lalu ke angka 1, dan seterusnya, maka apakah anda mampu mengingatnya kembali nama-nama Tenses tersebut?

 

Jika anda berhasil melakukannya, yakni mampu mengingat nama-nama tenses tersebut sekalipun diacak, ingatan tersebut saya jamin tidak akan hilang. Nah, teknik menghapal Tenses ini adalah salah satu dari lima tahapan yang di bahas di dalam buku saya yakni “Cara Cepat Kuasai 12 Tenses bahasa Inggris”, yaitu dengan metode Quick Tenses Mastery (QTM). Selanjutnya saya akan membahas bagaimana mengingat cepat kata bantu dari masing-masing sub-Tenses kelompok Present, silahkan simak kembali tulisan saya berikutnya…

 style="text-align: center;">Buku QTM

beli sekarang

 

Semoga tulisan ini bermanfaat, salam Hypnocative !

Adam Hidayat

Read 769 times Last modified on Friday, 03 November 2017 10:31

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.