JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Cara Mudah Kuasai Tenses Sambil Berjoget (Part 1)

2 Cara Mudah Kuasai Tenses Sambil Berjoget Part 1

 

[ Cara Mudah Kuasai Tenses Sambil Berjoget : Part 1 I Part 2 I Part 3-end

 

Maukah saya beri tahu cara mudah menguasai Tenses bahasa Inggris dengan cepat sambil anda berjoget? Lho, kenapa sambil berjoget? ya…karena salah satu teknik yang akan saya berikan kali ini adalah dengan menggunakan gerakan-gerakan dan mirip dengan berjoget.

 

Sebelum saya beri tahu lebih jauh tentang bagaimana teknik tersebut akan saya ajarkan, maka ada baiknya jika anda pahami terlebih dahulu bagaimana cara kerja otak dalam mengingat cepat. Hal ini sangat penting karena untuk bisa mengingat sesuatu dengan baik maka di perlukan ingatan yang super bukan? Apalagi jika anda adalah orang yang mudah lupa, tentu dibutuhkan pemahaman yang kuat untuk mengetahui cara ini. Oleh karena itu, mari pahami dengan baik dasar-dasar mengingat berikut ini, beserta latihan-latihannya.

 

Menurut penelitian, otak akan mudah menerima dan menyimpan sebuah informasi dengan baik melalui beberapa langkah yang dapat diuraikan dalam tabel berikut:

 

1 Cara Mudah Kuasai Tenses Sambil Berjoget Part 1

 

 

  • Jika anda membaca, maka informasi yang disimpan oleh otak sebesar 10%.
  • Jika anda belajar dengan cara mendengar, maka informasi tersebut akan disimpan sebesar 20%.
  • Jika anda mendengar dan melihat, maka informasi yang tersimpan ke dalam otak menjadi 50%.
  • Jika anda menyatakan (berbicara), maka informasi yang tersimpan menjadi 70%.
  • Dan yang terakhir jika anda menyatakan dan melakukan, maka informasi yang anda terima akan tersimpan sebesar 90%, artinya informasi yang anda terima akan selalu anda ingat jika proses belajar dilakukan dengan cara berbicara (practice by speaking) dan melakukan (action or doing).

 

Nah, untuk membuktikan teori di atas, maka saya mengajak anda untuk melakukan percobaan berikut. Silahkan anda coba hapalkan kembali poin-poin di atas, mulai dari poin ‘membaca’ sampai dengan ‘menyatakan dan melakukan’ beserta prosentasenya. Sekali lagi berapa prosentase dari poin-poin kegiatan yang telah diuraikan diatas.

 

Hapalkan dan coba ingat semampu anda hingga anda benar-benar mengingatnya (lakukan dengan cara-cara yang biasa anda lakukan sehari-hari di dalam mengingat sesuatu).

Jika anda sudah benar-benar yakin telah mengingatnya, selanjutnya silahkan anda jawab pertanyaan di bawah ini dengan cara menuliskannya atau bisa dengan hanya menyebutkannya saja, lalu periksalah jawaban anda:

 

-          Menyatakan ? ­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­                   ...........   %

-          Mendengar dan melihat?       ...........   %

-          Membaca?                         ...........   %

-          Menyatakan dan melakukan? ...........   %

-          Mendengar?                       ...........   %


 

Berapa banyak jumlah dari pertanyaan di atas yang benar-benar anda ingat dan menghasilkan jawaban yang benar? Jika benar semua, selamat! anda memiliki ingatan yang baik. Namun, jika tidak maka silahkan lanjutkan membaca artikel ini.

 

Pertanyaan selanjutnya adalah, jika anda mampu menjawab semua dengan benar apakah ingatan tersebut benar-benar akan anda ingat dalam waktu yang relatif lama? Cobalah esok atau beberapa jam anda tinggalkan tulisan ini sebentar, apakah anda masih mengingatnya dengan baik? Jika tidak, maka saatnya anda harus mengubah cara mengingat anda. Mengubah cara mengingat yang selama ini telah anda lakukan.

 

Baik, berdasarkan penelitian diatas maka agar anda bisa mengingat dan menyimpan data (informasi) dengan baik di otak anda, maka anda harus ‘menyatakan dan melakukan’ di dalam proses menyimpannya. Bagaimana caranya? Berikut akan saya jelaskan.

 

  • Silahkan anda sentuh kedua mata anda dengan kedua tangan anda dan katakan dengan keras, “membaca 10 persen”. Lalu kedua jari tangan anda membentuk angka 10 (jari telunjuk tangan kiri membentuk angka satu dan jari telunjuk tangan kanan membentuk angka nol). Bagus, ulangi sekali lagi.
  • Selanjutnya untuk poin yang kedua, silahkan anda pegang kedua kuping anda dan katakan dengan suara yang keras “mendengar 20 persen”. lalu ke dua jari-jari tangan anda memberi simbol/membentuk angka dua (seperti Victory).
  • Selanjutnya untuk poin yang ketiga, silahkan anda pegang kedua kuping, kemudian mata anda, lalu katakan dengan keras, “mendengar dan melihat 50 persen”. Posisikan jari-jari tangan anda menunjukkan angka 5.
  • Selanjutnya untuk poin yang keempat, silahkan anda pegang mulut anda dan katakan dengan keras, “menyatakan 70 persen”. Lalu buat jari-jari tangan anda membentuk angka 7.
  • Dan yang terakhir pegang mulut sambil gerakkan atau goyangkan tubuh anda dan katakan dengan keras, “menyatakan dan melakukan”. Lalu buat jari-jari tangan anda membentuk angka 9 dan tambahkan kalimat sambil diucapkan dengan keras “Sembilan puluh persen”.

 

Ulangi gerakkan di atas beberapa kali, pastikan setiap tangan anda menyentuh bagian-bagian tubuh seperti mata, kuping, mulut, dst, sambil ucapkan dengan suara yang keras. Lakukan beberapa kali dengan santai (sambil berjoget atau bernyanyi) hingga masing-masing poin di atas, beserta simbol gerakan dan nilai prosentasenya benar-benar anda ingat.

 

Sekarang, setelah anda benar-benar telah mengingatnya maka saya minta anda kerjakan sekali lagi tes diatas. Jawab masing-masing prosentase sesuai dengan apa yang telah anda praktekan tadi, kemudian periksa kembali jawabannya. Bagaimana hasilnya? tentunya akan lebih mudah mengingatnnya bukan?.

 

Ternyata dengan melakukan gerakkan-gerakkan yang dilakukan dengan secara spesifik dan ditambahkan dengan suara atau kata-kata, maka proses mengingat dapat dengan mudah dilakukan bahkan sulit untuk di lupakan.

 

Saya jamin dengan melakukan teknik-teknik seperti yang telah dijelaskan di atas, maka kemampuan mengingat anda akan menjadi jauh lebih cepat, mudah dan lebih lama disimpan di dalam memori otak anda, dibandingkan jika anda mengingat dengan cara yang biasa-biasa saja. Untuk itu, mulai saat ini jika anda ingin benar-benar mudah dan cepat dalam mengingat sesuatu, maka tambahkan dengan gerakan (sambil berjoget) dan juga kata-kata.

 

Nah, lalu bagaimana menghubungkan teori di atas dengan menguasai Tenses bahasa Inggris? Silahkan baca tulisan saya selanjutnya atau anda bisa lihat di buku saya yakni “Cara Cepat kuasai 12 Tenses Bahasa Inggris” atau Quick Tenses Mastery.

 

Semoga tulisan ini bermanfaat, salam Hypnocative !

Adam Hidayat

Read 361 times Last modified on Monday, 29 May 2017 10:55

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.