JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Hypnocative Method (Hypnocative Part 5)

Hypnocative Method

 

[ Hypnocative Series :  Part 1 I Part 2 I Part 3 I Part 4 I Part 5 - end ] 

 

Hasil survey yang kami lakukan tahun 2009 terhadap siswa/i kelas conversation di lembaga kami Mantika English menunjukkan bahwa ada 3 (tiga) faktor utama penghambat siswa/i dalam berbicara bahasa inggris, yaitu : malu, tidak percaya diri dan takut salah. Meskipun masih ada beberapa faktor penghambat lain yang tidak kami sebutkan, namun dari hasil survey tersebut, kami kemudian memfokuskan diri untuk mencari solusi bagaimana agar siswa/i kami menjadi lebih percaya diri dan berani untuk berbicara bahasa Inggris.

 

Dari hasil serangkaian uji coba di beberapa kelas-kelas yang kami selenggarakan secara gratis, baik untuk umum maupun kalangan tersendiri, akhirnya kami pun berhasil melakukan penggabungan antara ilmu pengembangan diri yang ada yaitu Hypnosis dan NLP (Neuro Lingustic Programming) dengan pembelajaran bahasa Inggris.

 

survey

Hasilnya, perubahan terjadi secara signifikan dalam hal pembelajaran bahasa Inggris. Siswa/i yang telah mengikuti pembelajaran melalui pendekatan teknologi Hipnosis dan NLP memiliki motivasi, keberanian, dan kepercayaan diri yang lebih baik dari sebelumnya. Sehingga hal ini sangat berpengaruh pula terhadap penguasaan materi bahasa Inggris.

 

Selain itu, kami pun berhasil mengembangkan dan menemukan beberapa materi pembelajaran bahasa Inggris yang bukan hanya mencakup ranah psikologis saja namun juga ranah pembelajaran bahasa Inggris itu sendiri, diantaranya:

  • Teknik bagaimana menguasai 12 tenses bahasa Inggris dalam waktu singkat yang kami beri nama dengan “Quick Tenses Mastery” (QTM)
  • Penguasaan speaking yang lebih interaktif dan unikdengan teknik yang kami beri nama dengan “sambet” (modeling)
  • Teknik penguasaan kosa kata (vocabulary) yang cepat dan mudah yang kami beri nama dengan “Quick Vocabulary Mastery” (QVM).

 

Berdasarkan penemuan-penemuan kami, akhirnya kami sepakat untuk memberi nama produk kami dengan sebutan “Hypnocative”, yaitu yang diambil dari kata Hipnosis dan Active, kemudian disingkat menjadi “Hypnocative”.

 

Hypnocative merupakan kependekan dari Hypnosis Technology for Mastering Communicative Speech (Aural/Oral Skills atau Speaking Skills). Program pelatihan yang mengarahkan serta melatih para peserta dalam memprogram dan memaksimalkan potensi diri, menghilangkan blok mental dalam diri, melatih kecerdasan otak, serta menjadikan pembelajaran bahasa lebih mudah untuk digunakan dan dipahami. Hypnocative Speech menggabungkan teknologi Hypnosis dan Neuro Linguistic Programming (NLP) sebagai program pembelajaran dan pengajarannya.

 

Hypnocative diciptakan karena ada dua kendala utama yang dialami oleh pembelajar bahasa Inggris khususnya di Indonesia. Kami menyebut dua kendala tersebut dengan ‘kendala Software ‘ dan ‘kendala Hardware‘. Dua kendala tersebut jika di gambarkan seperti di bawah ini:

 softwarehardware 

Antara kendala software dan hardware berdiri sendiri dan dengan metode Hypnocative akhirnya kami berhasil menggabungkan keduanya yakni bagaimana mengajarkan kendala software sekaligus meningkatkan hardware. Dengan konsep metodologi pembelajaran dan pengajaran seperti di bawah ini :

 Hypnocative Speech Method

 unlocked

Tahapan pembelajaran dalam Hypnocative meliputi 4 (empat) langkah yakni :

  1. Unlocked Your Potential :tahapan pertama dan penting dimana peserta diajak untuk mampu memaksimalkan potensi diri, menghilangkan hambatan mental, lebih fokus, dan memiliki goal serta strategi dalam belajar.
  2. Subconscious Competence : melatih kemampuan yang tersimpan di dalam pikiran bawah sadar agar mampu menyediakan strategi komunikasi yang lebih kreatif, imajinatif dan ekspresif.
  3. NLP Techniques : melatih kemampuan berbahasa dengan teknik yang disesuaikan dengan cara kerja pikiran.
  4. Receptive & Productive Skill : melatih tahapan yang telah dipelajari untuk di gunakan dalam keseharian.

 

Sehingga dengan melakukan tahapan-tahapan seperti yang telah dijelaskan diatas maka proses pembelajaran secara alami dan komprehensif bisa tercapai. Pembelajar pada akhirnya bisa menjadi individu yang mandiri di dalam belajar dikarenakan metode Hypnocative menekankan pada kesiapan diri dan strategi untuk bisa mengembangkan komunikasi berbahasa Inggris dengan kondisi/ medan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa.

 

Hal ini bisa dibuktikan dengan beberapa testimony peserta yang telah mengikuti program ini dan mengatakan :

Hypnocative Speech Batch #14

“Saya mengetahui dan memahami teknik-teknik yang belum saya ketahui sebelumnya. Saya bisa mendobrak hambatan-hambatan yang ada yang selama ini membuat English terasa sulit. Membuat hidup saya terasa lebih indah”

– Nursyamsiah (Interior Designer)

 

Hypnocative Speech Batch #21

“Setelah mengikuti program ini saya tahu cara model pembelajaran bahasa Inggris yang tepat buat saya”

Freddy Yohanes (Karyawan Swasta)

 

Hypnocative Speech Batch #11

“Program sangat bermanfaat, bukan saja dalam pembelajaran bahasa Inggris, tapi juga untuk yang lebih luas”

Isy Karim (Pegawai Negeri Sipil)

 Simak testimony lainnya pada www.hypnocative.com

 

Semoga tulisan ini bermanfaat, salam Hypnocative !

Adam Hidayat

Read 941 times Last modified on Tuesday, 18 April 2017 19:25

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.