JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Naik Turun Niat Belajar Bahasa Inggris

Naik Turun Niat Belajar Bahasa Inggris

 

Keinginan untuk bisa berbicara dengan bahasa Inggris sudah barang tentu ingin dimiliki oleh setiap orang, namun siapa saja mereka yang benar-benar bisa? Berdasarkan pengalaman mengajar bahasa Inggris selama puluhan tahun, saya menemukan bahwa hanya mereka yang memiliki motivasi yang kuat untuk berhasil yang bisa berbahasa Inggris.

 

“Lalu mengapa motivasi tersebut sering banyak turun di bandingkan naiknya?”, demikian pertanyaan dari seorang siswa yang kadang ingin belajar kadang tidak. Jawabannya sangat mudah, hal tersebut dikarenakan niat yang tidak kuat dan masih bisa kompromikan alias di negosiasikan. Silahkan anda periksa kembali apakah ada kalimat-kalimat berikut yang berbicara di dalam diri anda?

 

“ah masih ada hari esok”

“pakai bahasa isyarat saja juga paham kok”

“nanti juga tidak bertemu lagi dengan klien bule tersebut jadi sekarang aman deh…”

“bos bule gw paham kok dengan bahasa Indonesia, jadi santai aja”

“Ada yang lebih pintar jadi santai saja”

“Sibuk tidak ada waktu untuk belajar”

 

Jika dilihat dari kalimat-kalimat diatas ternyata masih ada celah bagi anda untuk memaklumi dan menganggap biasa-biasa saja jika tidak bisa berbahasa Inggris. Namun sebenarnya bukan hal-hal seperti di atas yang ingin saya bahas lebih dalam dari tulisan ini. Ada hal yang lebih powerful yang bisa menjadikan keinginan anda bukan hanya memiliki motivasi yang kuat namun juga bisa terwujud dalam aksi nyata setiap hari. Ingin tahu? Berikut jawabannya.

 

Sebuah niat atau motivasi agar bisa terhindar dari kompromi-kompromi dan negosiasi di dalam pikiran hendaknya memenuhi tiga kriteria, pertama bisa dilihat dalam imajinasi, kedua bisa dilawan (dikonfrontasi) jika ada hal-hal yang meragukannya dan yang ketiga yakni tidak ada beban atau terasa nyaman pada saat melakukannya. Silahkan sekarang anda periksa kembali niat atau tujuan anda untuk bisa berbahasa Inggris, jangan-jangan seperti apa yang saya katakan di awal tulisan ini, yakni hanya niat sesaat sehingga tidak bertahan lama.

 

Jika anda sulit untuk menemukan jawaban apa yang menjadi niat kuat anda untuk bisa berbahasa Inggris, maka saya akan ajarkan teknik berikut untuk memudahkannya. Teknik ini diambil dari teknologi Neuro Linguistic Programming (NLP) yang dinamakan dengan Eyes Accessing Cues, dimana teknik ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri anda.

 

Sekali lagi bahwa sebuah motivasi yang tertanam kuat dan bisa di realisasikan dalam keseharian harus memenuhi tiga kriteria yakni: mampu dimajinasikan ke dalam pikiran dengan baik, mampu untuk menangkal kompromi-kompromi yang melemahkan niat dan nyaman pada saat melakukannya. Sehingga imajinasi, suara serta perasaan menjadi kunci utama yang harus anda temukan. Dan ketiga hal ini dapat anda temukan dengan hanya menggerakkan bola mata anda saja. Penasaran...? berikut penelitiannya :

 

Bola mata manusia secara normal bergerak ke enam penjuru arah. Jika diurutkan maka akan terbentuk pola sebagai berikut:

  1. Bola mata ke arah KANAN atas. Biasanya jika bola mata melirik ke kanan atas maka sebenarnya anda sedang merekayasa imajinasi atau disebut dengan VC (Visual Construct).
  2. Bola mata di tengah dan cenderung ke arah KANAN. Posisi bola mata seperti ini sebenarnya sedang merekayasa bunyi atau suara atau disebut dengan AC (Auditory Construct).
  3. Bola mata ke arah KANAN bawah. Posisi seperti ini biasanya anda sedang merasakan atau mengalami sesuatu atas apa yang sedang anda pikirkan atau disebut dengan K (kinesthetic).
  4. Bola mata ke KIRI bawah. Posisi bola mata menunduk ke kiri bawah anda sedang berdialog dengan diri anda atau disebut dengan AD (Auditory Digital).
  5. Bola mata di tengah dan cenderung ke KIRI. Posisi bola mata seperti ini biasanya sedang mendengar suara-suara yang pernah anda dengar dan ingat atau disebut dengan AR (Auditory Remebered).
  6. Bola mata ke arah KIRI atas. Posisi bola mata seperti ini biasanya sedang menghadirkan ingatan-ingatan atau disebut dengan VR (Visual remembered).

 

Nah, setelah mengetahui bahwa gerakan bola mata memiliki fungsi yang berbeda-beda maka saat ini kita akan gunakan gerakan bola mata tersebut untuk memaksimalkan goal kita berbahasa Inggris. Tujuannya adalah menghadirkan motivasi internal dalam diri dan juga eksternal dengan lebih mudah. Untuk itu sambil menggerakkan mata sesuai urutan yang telah saya tulis diatas, duduklah yang rileks lalu ikuti perintah yang saya berikan berikut ini:

 

  1. Gerakkan bola mata anda ke KANAN atas lalu hadirkan gambar seperti apa anda melihat diri anda bisa berbahasa Inggris. Perbesar gambarnya lalu tambahkan detail warna dari gambar tersebut. Jika ada gambar yang tidak baik lakukan zoom out lalu rusak kualitas gambar tersebut.
  2. Posisikan bola mata anda di tengah dan agak melirik ke KANAN sambil anda hadirkan suara anda bisa berbahasa Inggris. Seperti apa suara itu terdengar, baik irama, pengucapan dan intonasinya. Jika ada suara-suara negative ganti suara negative tersebut dengan suara yang memberdayakan atau memotivasi anda.
  3. Posisikan bola mata anda ke KANAN bawah sambil anda hadirkan perasaan-perasaan nyaman saat anda pernah tampil atau berbicara bahasa Inggris. Jika ada perasaan yang kurang nyaman silahkan lakukan gerakan fisik seperti melompat, berjalan atau melakukan gerakan-gerakan serta ekspresi muka konyol.
  4. Posisikan bola mata anda KIRI bawah sambil anda berdialog dengan diri anda atas suara-suara yang masih menghambat anda untuk bisa berbahasa Inggris.
  5. Posisikan bola mata di tengah-tengah sambil menoleh ke KIRI lalu dengarkan suara bahasa Inggris yang pernah anda ucapkan. Atau jika anda belum mampu mengucapkannya maka anda bisa bernyanyi atau bersenandung lagu yang bertemakan bahasa Inggris. Nyanyikan dengan penuh semangat.
  6. Posisikan bola mata ke KIRI atas sambil anda ingat kembali gambar-gambar atau ingatan pada saat anda percaya diri dan nyaman berbicara bahasa Inggris. Dan jika belum ada pengalaman tersebut hadirkan gambar lain yang bukan berbahasa Inggris. Lalu buat gambar tersebut makin jelas, terang dan besar.

Lakukan hal tersebut beberapa kali lalu apa yang anda rasakan sekarang?

 

Semoga tulisan ini bermanfaat, salam Hypnocative !

Adam Hidayat

Read 958 times Last modified on Tuesday, 18 April 2017 14:05

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.